Ayo Sinergi

Lahirnya Program Mobil Peduli Sosial (Moli) dan Bis Peduli Sosial (Bili) dari PT. Federal International Finance (FIF), merupakan realisasi dari pertanggungjawaban sosial untuk masyarakat yang timbul secara alami dan didukung penuh oleh top management. Kebutuhan bersinergi dan kebersamaan dengan Yayasan/Lembaga/Institusi Sosial/Pendidikan/Agama termasuk anak perusahaan Astra dalam program sosial saat ini dan tahun-tahun mendatang, semakin dibutuhkan. Program kepedulian berupa mobil dan bis antar jemput ini memiliki tujuan, menyediakan kendaraan antar jemput untuk mendukung kegiatan Yayasan/Lembaga/Institusi Sosial/Pendidikan/Agama, media sinergi kegiatan dengan Yayasan/Lembaga/Institusi Sosial/Pendidikan/Agama, mendukung kegiatan/program Corporate Social Responsibility FIF, membuat mobil Co-Branding bagi FIF, dan dimungkinkan menjadi kendaraan antar jemput karyawan khusus pada jam tertentu.

Diawali dengan peluncuran Moli pada 8 Juni 2009, yang dihadiri oleh Yayasan/Lembaga/Institusi Sosial/Pendidikan/Agama seperti DPU Daarut Tauhid (DPU DT), Obor Berkat Indonesia (OBI), WWF, Rumah Zakat Indonesia (RZI), Al-Azhar Peduli Ummat, Yayasan Cahaya Guru, Komunitas Terminal, Kedai Daur Ulang, SMK 40 Jakarta, dan rekan-rekan Financial Services Astra seperti AAB, Komatsu Astra Finance, Bank Permata, ESR Astra International dan Purel AI, program ini langsung diminati oleh banyak pihak untuk disinergikan dengan kegiatan mereka. Seperti yang dikatakan oleh beberapa lembaga sosial yang pernah bekerjasama dengan FIF, Ibu Esther Manager Pendidikan dari OBI mengatakan,”Setiap Sabtu dan Minggu, kami mengadakan sekolah seni di Ancol Art Academy dan membutuhkan Mobil ini Pak”. Lalu ada juga dengan antusiasme yang sama Ibu Dwi General Manager Fundraising dari Al-Azhar Peduli Ummat mengatakan,”Hari Selasa biasanya kami ada kegiatan pembinaan rohani dari guru-guru kami untuk penghuni penjara dan rumah sakit, dan sepertinya bisa bersinergi dengan Mobil Peduli Sosial FIF”, serta juga yang dikatakan oleh Bpk. Soleh Area Manager dari Rumah Zakat Indonesia,”Sepertinya cocok juga untuk kegiatan Kemah Juara Anak Yatim Piatu yang akan kami adakan dalam waktu dekat ini Pak”.

Semangat sinergi dan berbagi dengan pola kepedulian ini sangat mengemuka hingga akhirnya disusul dengan kehadiran Bili di Desember 2009. Berbeda dengan Moli yang memiliki kapasitas penumpang maksimal 14 orang, fasilitas sound system (DVD, MP3, Tape, Radio, Mic), dan 2 laci tempat barang, Bili hadir dengan fasilitas yang lebih eksklusif apabila kita melihat langsung bentuk kursi eksklusif yang memiliki kapasitas penumpang maksimal 24 orang, fasilitas sound system, kulkas dilengkapi laci penyimpan, dan pintu darurat yang sangat memperhatikan keamanan penumpang.

Peminjaman Moli dan Bili bisa dilakukan melalui telpon ke 021 – 7698899 ext. 3141 dengan Meylinda Fatma W. atau ext. 3143 dengan Iwan Yulianto atau Hotline 021 – 32700831 , lalu harus melengkapi surat peminjaman berkop surat, yang berisi keterangan tanggal kegiatan, lokasi tujuan, perihal kegiatan, contact person kegiatan, daftar penumpang, dan profil Yayasan/Lembaga/Institusi dikirim ke Menara FIF Jl. Tb. Simatupang Kav. 15 Cilandak Barat Jakarta Selatan 12440 atau fax ke 021 – 75905599 atau email ke meylinda.fatma@fif.astra.co.id.


Proses permohonan peminjaman Moli dan Bili harus dilakukan sejak jauh hari oleh karena tingkat peminjamannya sangat tinggi, dimana sejak Januari sd Agustus 2010 terhitung untuk Bili 70 kali peminjaman yang melayani >1800 orang dan Moli 45 kali peminjaman yang melayani > 800 orang. Bahkan biasanya rekan-rekan dari Lembaga Sosial sudah meminjam sebulan sebelumnya. Pihak peminjam memiliki kewajiban sederhana yaitu wajib menjaga kebersihan dan keutuhan Mobil/Bis Sosial dan memberikan dokumentasi penggunaan Mobil/Bis Sosial (foto dgn background Mobil/Bis) dan reportase sekilas tentang kegiatan. Peminjam tidak dipungut biaya sepeser pun.


Sebut saja Worl Wide Fund (WWF), lembaga pemerhati lingkungan hidup internasional, beserta dutanya Nadine Chandrawinata (mantan Puteri Indonesia) pernah meminjam Bili dan Moli untuk tujuan pendidikan sekaligus ekowisata ke Taman Nasional Ujung Kulon untuk hal pelestarian terumbu karang dan badak Jawa. Ada juga Yayasan Lembaga Daya Dharma Keuskupan Agung Jakarta, yang meminjam untuk kegiatan pelatihan wirausaha untuk tunarungu dan tunagrahita, di Puncak, Bogor. Maria Goretty, Ketua BPPC LDD KAJ dari Yayasan tersebut, sangat berterima kasih dan mengatakan,”Semoga pelayanan FIF PEDULI makin meluas dan makin menjangkau masyarakat yang membutuhkan”. Tidak kalah menariknya, Lembaga Unit Pengumpul Zakat ESQ yang mengadakan acara lomba futsal untuk anak yatim dan dhuafa, juga pernah meminjam Moli dan Bili untuk mengangkut pulang pergi anak yatim dan dhuafa dari pantinya ke lokasi pertandingan.

Tidak mau ketinggalan dalam bersinergi, perusahaan Grup Astra pun menggunakan fasilitas kepedulian ini seperti: Financial Service Astra untuk kegiatan undangan lomba & pameran SDN Lemah Abang, Serang ke Taman Mini Indonesia Indah (acara Astra International), LAZIS Astra untuk kunjungan ke Masjid Astra bagi dhuafa/anak yatim penerima beasiswa sekitar kantor ACC , dan ESR Astra International untuk binaan Sekolah Hijau SDN 05 – 06 Sungai Bambu dalam kunjungan siswa & guru ke Cibodas.